Liputan terkini-Boeing Co gagal menyerahkan dokumen sertifikasi kepada Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) yang merinci perubahan pada sistem kontrol penerbangan utama yang disalahkan dalam dua kecelakaan fatal, sebuah laporan pemerintah yang telah lama ditunggu-tunggu yang dilihat oleh Reuters menemukan.
Sistem kontrol penerbangan, yang dikenal sebagai MCAS, adalah "bukan area penekanan" karena Boeing menyerahkannya kepada FAA sebagai modifikasi dari sistem trim kecepatan jet yang ada, dengan jangkauan dan penggunaan terbatas, menurut laporan itu.
Laporan setebal 52 halaman oleh Kantor Inspektur Jenderal (IG) Departemen Perhubungan AS, tertanggal 29 Juni dan ditetapkan untuk diumumkan pada hari Rabu, memperlihatkan kesalahan besar yang dilakukan oleh pembuat pesawat dan FAA dalam pengembangan dan sertifikasi penjualan terlaris Boeing pesawat terbang.
FAA menolak memberikan komentar di luar tanggapan departemen yang dilampirkan pada laporan. Itjen tidak segera menanggapi permintaan komentar. Seorang juru bicara Boeing mengatakan perusahaan telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keselamatan dan berkomitmen untuk transparansi. "Ketika MAX kembali ke layanan, itu akan menjadi salah satu pesawat yang paling cermat dalam sejarah, dan kami memiliki kepercayaan penuh dalam keamanannya," katanya.
Laporan IG adalah laporan terbaru yang menyalahkan persetujuan pesawat, sementara Departemen Kehakiman memiliki penyelidikan kriminal yang sedang berlangsung.
737 MAX telah di-ground-kan dari penerbangan komersial di seluruh dunia sejak Maret 2019 setelah dua kecelakaan menewaskan 346 orang di Ethiopia dan Indonesia selama rentang waktu lima bulan.
Sistem pencegahan warung Boeing yang disebut Boeing telah disalahkan dalam kedua tabrakan, ketika sistem itu berulang kali dan dengan paksa mendorong hidung jet ketika pilot berusaha untuk campur tangan, di antara sejumlah faktor yang ditunjukkan oleh penyelidik kecelakaan.
AGEN POKER
Laporan inspektur jenderal merinci kegiatan-kegiatan dari tahap awal proses sertifikasi pada Januari 2012 hingga kecelakaan kedua. Ini juga merinci dugaan "tekanan yang tidak semestinya" dari manajemen Boeing tentang pekerja yang menangani sertifikasi keselamatan, meskipun ia menambahkan bahwa semua "tekanan yang tidak semestinya yang dilaporkan secara formal" telah ditangani secara memuaskan. "
Kantor IG akan mengeluarkan rekomendasi kepada FAA akhir tahun ini, Departemen Perhubungan mengatakan dalam komentar tentang draft laporan yang diajukan pada 8 Juni.
FAA saat ini sedang mengevaluasi peningkatan MCAS selama serangkaian penerbangan uji sertifikasi minggu ini yang dapat membuka jalan bagi pengembalian jet di dalam negeri pada akhir tahun.
0 comments:
Post a Comment